Mengapa Web Perlu SEO

Diposting oleh Th3 Pirates | 10/06/2010 | | 0 komentar »

b3lajarbareng.blogspot.com, SEO adalah singkatan untuk Search Engine Optimization atau Optimisasi mesin pencari dalam bahasa Indonesia. Dan deskripsi SEO
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. baca Pengertian SEO
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

SEO sangat penting jika Anda ingin meningkatkan kemampuan global perusahaan Anda di Internet. Untuk menempatkan Website anda berada halaman pencarian pertama, Anda harus menggunakan beberapa layanan SEO profesional. Hal ini akan membantu bisnis Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan yang pada gilirannya akan menghasilkan lebih banyak penjualan dan menuai keuntungan yang lebih besar. Anda akan segera melihat laba atas investasi, tidak ada keraguan tentang itu. Tentu saja bisnis yang kita bicarakan adalah bisnis yang mengarah kedunia Online atau Internet. Namun seiring berkembangnya waktu, kini banyak Industri atau usaha ofline mulai menyentuh dunia Internet untuk mempromosikan barang atau produknya melalui Internet.

Seluruh ide tentang memanfaatkan jasa SEO adalah untuk mempromosikan bisnis dengan cara online. Setiap bisnis, tidak peduli seberapa besar atau kecil memerlukan trafic atau pengunjung tetap ke Website yang mereka buat. Desain website yang anda buat harus sedemikian rupa sehingga tampak user friendly dan menarik, sehingga pengunjung website anda dapat mengerti lebih jauh mengenai produk dan jasa anda, membeli beberapa dan bahkan datang kembali untuk mencari produk yang lain. Tidak hanya itu saja, desain web yang Anda buat juga harus SEO Friendly sehingga mendatangkan pengunjung yang relevan dan berkualitas sesuai dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Gambaran umum tentang pentingnya SEO untuk mempromosikan sebuah usaha kita melalui internet adalah tidak lebih dan tidak bukan adalah untuk menempatkan halaman website kita berada pada halaman awal SERP (Search Engine Result Page) dari sebuah pencarian yang berhubungan dengan Produk atau Jasa yang kita tawarkan. Hal ini memiliki kesamaan dengan konsep Advertising di dunia sebenarnya, setiap orang berebut tempat yang strategis untuk menempatkan iklan produknya, begitupun pada konsep marketing di Internet ini hanya saja yang salah satu media untuk menempatkan iklan atau produk kita berada di Search Engine seperti Yahoo, Google, Bing, dll.

Terlepas dari pentingnya SEO, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan Optimasi Web atau Blog kita. Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak lagi sepenuhnya mampu dijinakkan dengan trik dan manipulasi cara-cara SEOGoogle secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.

Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan larangan tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal mereka. Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.
Satu hal, SEO memang perlu namun kualitas konten yang kita sajikan adalah syarat utama penilaian website yang anda buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar