Membuat Form Berlangganan RSS FeedBurner untuk Blog

Diposting oleh Th3 Pirates | 10/16/2010 | , | 0 komentar »

Saat ini hampir setiap blog menyediakan layanan fasilitas berlangganan posting melalui email. Apa sich Fungsinya??

Contoh beberapa situs yang menyediakan jasa layanan pengantar posting gratis selain Feedburner adalah Feedblitz dan Zookoda. Kenapa pakai Feedburner? karena fitur yang mereka sediakan terbilang lengkap termasuk layanan pengantar posting melalui email. Selain itu, situs ini adalah milik Google sehingga namanya sekarang adalah Google Feedburner.

Untuk mendaftar ke Feedburner Anda cukup memiliki email di gmail yang bisa digunakan untuk login ke feedburner. Secara singkat feedburner adalah situs yang memberikan layanan dalam hal sindikasi atau feed
Anda bisa menempatkan from/kotak aplikasi yang berisi tempat untuk mengisikan alamat email dan sebuah tombol dengan tulisan Berlangganan Gratis atau Email Subscriber untuk tempat peletakannya juga bisa anda letakkan di mana saja pada bagian blog. Layaknya gadget lainnya, bisa pada sidebar, bagian akhir setiap posting atau pada header dan footer blog, tinggal disesuaikan dengan template layout blog dan selera anda. Jika anda memahami HTML dan CSS anda juga bisa mengeditnya agar sesuai dengan template yang anda gunakan.

Fungsi from feedburner ini sendiri adalah untuk memudahkan pembaca blog agar bisa berlangganan atau mendapatkan informasi terbaru dari posting blog kita yang dikirim ke email mereka.
Nah selain fungsi diatas secara tidak langsung ini adalah cara untuk mempromosikan blog kita, dengan semakin banyak orang berlangganan maka semakin banyak pula yang mengetahui bahwa ada update berita atau artikel terbaru di blog kita. Jika anda masih ingin tahu lebih lanjut tentang RSS silahkan baca Pengertian RSS atau Search dengan search enggine diatas.
Langsung aja ke TKP kang mas..

Mendaftar FeedBurner

1) Kunjungi situs ini untuk mendaftar FeedBurner, jika anda memiliki akun google langsung saja login dengan akun google anda atau jika anda sudah login di blogger maka akun anda sudah login otomatis. Bla..Bla..Blaa.. hehehe Ngopi dulu ya mas

2) Selanjutnya akan ada form untuk memasukkan URL anda untuk diburn atau dibakar, masukkan alamat URL anda. contoh : http://b3lajarbareng.blogspot.com

3) Disebelah kanan form diatas ada checkbox atau kotak kecil yang bertuliskan I am a podcaster! artinya dicentang jika blog anda hanya berisi posting tentang video-video. kalau tidak ya tidak perlu anda centang. NEXT kang mas.

4)Setelah itu Anda akan ditawarkan untuk mengisi form Feed Title dan Feed Address silahkan diisi. Biasanya Feedburner langsung menyesuaikan dengan judul blog namun Anda dapat menggantinya sesuai kalimat atau kata yang anda sukai. NEXT kang mas

5)Halaman ini berisi pemberitahuan " Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little? " Oke sudah selesai. NEXT lagi.

6) Kemudian Anda akan diberi pilihan FeedBurner Stats automatically tracks. Silahkan pilih menu default atau Anda juga dapat menambah menu lain yang ditawarkan. Selanjutnya klik tombol next.
Sukses untuk mendaftar, sekarang kita masuk ke halaman yang berisi fitur-fitur untuk anda. Selanjutnya kita akan menampilkan form berlangganan.

Menampilkan Form Berlangganan

1) Pilih Publicize.

2) Pada menu Publicize Anda akan melihat fitur layanan yang siap Anda gunakan seperti Headline Animator, BuzzBoost, Email Subscriptions, PingShot, FeedCount, Chicklet Chooser dan yang lain. (di sebelah kiri)

3) Pilih menu Email Subscriptions.

4) Pada halaman Email Subscriptions Anda klik tombol Activate.

5) Selanjutnya feedburner akan memberikan dua kode html.

7) Yang atas adalah html yang hasilnya berupa kotak formulir berlangganan melalui email disebut Subscription Form Code

8) Yang bawah adalah html yang hasilnya berupa link berlangganan melalui email disebut Subscription Link Code.

9) Ada dua cara untuk menambahkan kode html diatas. Pertama copy salah satu script diatas lalu buka dasbor blogger anda pilih RANCANGAN -> ELEMEN HALAMAN -> TAMBAH GADGET lalu pastekan codenya. KEDUA pada menu drop down dibawah kode html tersebut pilih USE a Widget in Blogger (jika blog anda berasal dari blogger) lalu klik tombol GO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar