b3lajarbareng.blogspot.com, Ingin tahu artikel apa saja yang paling banyak direspon oleh pembaca? Gampang saja, kamu tinggal menambahkan most popular post pada sidebar blog kamu. Dengan adanya widget ini, selain kamu bisa melihat artikel-artikel yang banyak direspon pembaca, juga dapat menarik pembaca lain untuk lebih mengetahuinya lebih lanjut. Ya, itung-itung promo artikel. Siapa tahu karena banyaknya komentar pada artikel tersebut akan membuat orang tertarik untuk turut membacanya.

Contoh most popular post ini dapat kamu lihat pada sidebar sebelah kanan dengan judul Artikel Terpopuler. Semakin banyak respon terhadap artikel tersebut maka artikel akan ditempatkanpada urutan paling atas. Tidak perduli apakah komentar itu ditulis sendiri atau oleh orang lain.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuatnya, ikuti saja langkah-langkah berikut:

1) Dari halaman dasbor, pilih Tata Letak / Rancangan -> Elemen Halaman.
2) Klik Tambah Gadget dan pilih HTML/JavaScript.
3) Masukkan (copy-paste) script berikut:

<script language="javascript">
titlebold=false;
numposts=9999;
maxshowresult=10;
explanation="respon";
home_page="NamaBlog.blogspot.com";
</script>
<script style="text/javascript" src="http://b3lajarbareng.googlecode.com/files/popularpost.js"></script>

Keterangan:

titlebold = Judul artikel. Jika ingin judul artikel ditampilkan dengan cetak tebal, ganti false-nya dengan true.

numpost = Banyaknya artikel yang dijadikan referensi.

maxshowresult = Maksimum artikel yang ditampilkan, kamu bisa mengubahnya menjadi kurang atau lebih dari 10.

explanation = Keterangan. Kamu dapat mengubah respon menjadi comments, komentar, atau bisa juga kamu kosongkan.

home_page = Alamat situs. Ganti NamaBlog dengan nama blog kamu. Tapi awas!!, jangan pake http:// !

Setelah selesai, simpan lalu lihat hasilnya di blog anda.. Jangan lupa komentarnya ya.

Sumber script Abu Farhan

Baca Selengkapnya...

Membuat Blog Yang Bagus

Diposting oleh Th3 Pirates | 10/06/2010 | | 0 komentar »

b3lajarbareng.blogspot.com, Blog yang bagus itu yang seperti apa? Sebenarnya setiap orang bisa saja berbeda memandang blog yang bagus itu seperti apa. Dengan blog yang bagus, tentu akan ada harapan akan banyak yang mengunjungi dan berlama-lama melihat blog kita. Berikut ini 8 indikator blog dikatan bagus.

1. Mengutamakan content blog yang original
Menulis di blog memerlukan ide dan sumber inspirasi. Seorang ahli (expert) akan sangat mudah menuiskan apa saja di blognya karena karya tulisan tersebut asli dari buah pikiran penulis dengan pengalaman yang sudah segudang. Bagaimana jika saya tidak memiliki keduanya? Jika kamu ingin menulis namun sedang kehabisan ide, kamu bisa copas artikel blog lain atau dari sumber bacaan lain. Jika terpaksa harus copy paste, maka saran saya tuliskanlah itu dengan gaya bahasamu sendiri. Usahakan paragraf pertama dan paragraf akhir dibuat berbeda. Sertakan link sumber artikel. Menyertakan link sumber artikel tidak akan menurunkan pamor kamu sebagai penulis blog. Justru saya suka dan salut dengan pemilik blog yang berani mencantumkan link asal sumber artikel. Namun kurangi porsi copy paste, jangan terlalu sering copy paste isi blog orang lain. Keseringan copas juga berakibat fatal bagi pembacamu. Pengunjung akan berpikir untuk membaca artikel ke sumber aslinya dan perlahan namun pasti akan meninggalkan blogmu.

2. Navigasi blog yang user friendly
Navigasi adalah petunjuk dan arah jalan yang ada pada blog. Navigasi yang baik akan membantu pengunjung untuk mengeksplore semua isi blog. Tampilkan menu daftar isi, kategori topik bahasan blog atau disebut label posting, tampilkan kotak pencarian. Jika kamu terbiasa untuk menuliskan artikel yang sangat panjang seperti saya (tergantung mood juga denk), maka menambahkan link read more sangat penting untuk blog agar isi blog tidak terlalu panjang pada halaman utama. Jika tertarik, kamu bisa baca cara membuat read more. Google translate juga penting ditambahkan untuk sewaktu-waktu jika ada pengunjung yang tidak mengerti bahasa Indonesia, namun tertarik membaca blogmu. Fasilitas lainnya yang melibatkan hubungan pemilik blog dan pengunjung adalah seperti kotak komentar dan tagboard atau shoutbox tempat meninggalkan pesan singkat. Jangan lupa untuk menyertakan satu halaman khusus tentang saya dan blog saya, bahasa kerennya profil dan about me serta halaman hubungi saya atau contact. Buat juga halaman khusus untuk buku tamu. Hal ini untuk menjaga kredibilitas pemilik blog di mata pengunjung dan menjaga kepercayaan yang diberikan pengunjung kepada kamu. Pengunjung akan mudah meninggalkan pesan dan tahu ke mana harus menghubungi kamu. Tapi ini juga tergantung pemilik blog. Ambil bagian mana saja yang kamu rasa cocok dengan style blogmu.

3. Tidak Menipu Search Engine
Tidak sedikit saya menemukan blog yang berusaha menipu search engine. Dalam beberapa kasus saya melihat ada blog yang menggunakan script meta refresh tag yang salah kaprah. Waktu refresh disetting terlalu cepat. Kejadian ini saya temui ketika mengunjungi alamat url tertentu tiba-tiba secara otomatis saya dipindahkan ke url lain. Malas deh.. Google tidak suka penggunaan meta refresh tag pada blog. Penipuan lainnya adalah membuat warna teks yang mirip dengan warna latar belakang teks. Berusaha menjadikan semua teks seperti keyword, inilah harapan dari si pemilik blog. Justru mesin cari sekarang semakin pintar mengetahui dan menghadapi ulah blog yang demikian. Dan usaha penipuan search engine ini akan dibalas oleh google dengan tidak mengindex isi blog pada mesin cari.

4. Tidak Menggunakan popup otomatis
Pernah ga ketika kamu mengunjungi blog dan mengklik satu link, tiba-tiba saja tampil satu atau bahkan sampai tiga jendela baru yang berisi iklan-iklan tertentu. Bagi saya, ini sangat mengganggu kenyamanan dan menjengkelkan. Ada pemilik blog tertentu yang sengaja membuat setting pop up otomatis untuk meningkatkan click popularity dan klik iklan otomatis. Kalau yang ini, saya ga bisa terima. Langsung tutup saja dan never comeback.

5. Blog tidak kebanyakan aksesoris
Terkadang saya menemukan blog yang sangat “cantik dan manis”. Blog dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti banner animasi dan flash, pemasangan kalender, jam, ip addres checker, aplikasi pemutar musik dan video, iklan bertebaran dimana-mana, kebanyakan photo serta aksesoris lain yang ga berhubungan dengan tema blog. Saya cuma mau bilang selain membuat blog menjadi berat, blog akan kelihatan seperti pasar tradisional. Terlalu rame dan ribet. Ga semua pengunjung blog yang punya akses internet cepat. Cobalah berpikir tentang ini. Saya sendiri punya akses internet yang terbilang lambat dan lemot. Saya juga ga mau merasa seperti dimata-matai dengan aksesoris status IP pengunjug (ip addres checker). Emang saya maling ya? Jam dan kalender sudah ada koq di taskbar windows komputer. Mau dengar lagu dari winamp juga sudah ada di komputer saya. Ingatlah, widget pemutar musik dan video akan sangat memberatkanloading blog. Kalau saya menemukan blog yang loading halamannya berat dan kebanyakan iklan serta aksesoris berlebihan yang tidak sesuai dengan tema blog, biasanya langsung saya tutup dan say good bye. He..he Namun jika aksesoris tersebut dapat memuaskan dirimu, silahkan saja dipasang, toh itu juga blog kamu dan tidak ada yang melarang. Sebagai bahan pembanding saya berikan satu kisah. Coba perhatikan beberapa blog yang sudah terkenal di Indonesia. Mereka memberikan tutorial tentang cara pasang aksesoris pada blog. Tapi mereka sendiri tidak memasang aksesoris tersebut pada blognya. Mengapa ya? Jawabannya agar tidak keberatan dan blog bisa tampil prima. Blog yang terkenal ini lebih mengutamakan isi yang berkualitas. Bahasa kerennya, content is the king dan aksesoris bisa disesuaikan belakangan.

6. Isi blog bermanfaat bagi pemilik dan pengunjung blog
Pada dasarnya blog adalah live journal. Namun saat ini, sudah banyak orang yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan bagi dirinya. Blog yang bermanfaat adalah blog yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan dari pengunjung. Maksud pertanyaan di sini adalah, pengunjung bertanya pada mesin cari seperti google dan yahoo yang mengantarkannya ke blog kamu. Pengunjung tentunya mencari sesuatu yang bermanfaat baginya. Jika dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya pada blog tersebut, maka dia akan mencari jawaban ke blog lainnya atau situs web lain. Bukan berarti blog kamu tidak bagus, namun pasti ada pengunjung lain yang datang dengan pertanyaan yang berbeda dan menemukan jawabannya pada blog kamu. Bisa jadi saya mengatakan blog kamu bagus karena saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya dan orang lain mengatakan blog kamu tidak bagus karena dia tidak menemukan jawaban atas pertanyaannya. Orang yang sudah terkenal, katakan saja seorang selebritis yang memiliki blog akan tetap ramai dikunjungi. Bisa jadi karena isinya berkualitaas dan bermanfaat bagi pembacanya. Saya menilai, bagus tidaknya isi blog selebritis bukanlah faktor utama yang menjadikannya banyak dikunjungi. Namun tidak lebih dari keinginan para fans yang selalu ingin tahu aktivitas dan apa saja yang terjadi pada selebritis tersebut. Blog seorang politikus dan publik figur akan ramai dikunjungi karena setiap tulisannya bisa jadi adalah berupa kebijakan yang menentukan nasib bangsa. So, semuanya tergantung kebutuhan si pengunjung blog. saya butuh informasi dari kamu maka saya datang berkunjung. Saya tidak memerlukan informasi darimu maka saya saya merasa tidak perlu membaca artikel kamu. Inilah fakta tentang bermanfaat atau tidaknya isi blog bagi pengunjung.

7. Tata bahasa dan penggunaan gambar
Gunakan tata bahasa dengan tanda baca dan penulisan yang baku, dapat dimengerti oleh pengunjung yang beragam. Tapi ini hanya saran saja. Banyak koq blog yang menggunakan bahasa sesuka hati menurut selera pemilik blog. Jika itu merupakan kepuasan tersendiri bagi pemilik blog, maka tidak bisa disalahkan juga. Seperti saya bilang tadi, blog tersebut adalah miliknya. Namun bagaimana dengan nasib saya sebagai pengunjung? Tentu saya akan merasa kebingungan dengan gaya bahasa tersebut. Barangkali blog tersebut tidak cocok untuk kamu, tinggalkan saja. Jangan terbebani dengan memaksakan diri untuk mengikuti gaya bahasa penulis blog. Mungkin beberapa suka dan ada juga yang ga suka. Up to you ajalah. Penggunaan gambar yang berlebihan berakibat fatal pada loading halaman yang semakin

lambat. Boleh menggunakan gambar pada posting, karena gambar akan mempercantik dan menarik pandangan pengunjung yang membaca isi artikel posting. Namun patut dipikirkan kecepatan akses internet semua orang tidaklah sama. Ada yang cepat dan ada yang lambat seperti akses internet yang saya pakai saat ini sangat lambat.

8. Irit memakai kode script
Oke, blog ini sudah bagus menurut saya dan menurut pengunjung blog saya berdasarkan survey yang telah saya lakukan. Juri lainnya yang menilai apakah blog saya bagus atau tidak adalah search engine. Jangan sepelekan variabel ini. Sebisa mungkin blog kamu juga harus disukai mesin cari seperti google. Nah, blog yang bagus di mata search engine harus bagaimana? Jangan gunakan widget dengan script dan java script yang tidak disenangi mesin cari seperti google. Kamu boleh saja menggunakannya, tapi sebisa mungkin diirit dan dihemat.

Sumber :  Bang Del

Baca Selengkapnya...

Tips Mendatangkan Komentar Di Blog

Diposting oleh Th3 Pirates | 10/06/2010 | | 0 komentar »

b3lajarbareng.blogspot.com, Kegiatan ngeblog rasanya belum lengkap tanpa blogwalking dan meninggalkan komentar di postingan orang lain. Banyak pelajaran dari para master bloger, bahwa kegiatan mengomentari tulisan orang lain bisa mendatangkan trafik yang tinggi bagi blog kita disamping backlink kita juga bisa membangun sebuah komunikasi antara blogger, mungkin aja kan gara-gara kita komentar dia jadi berkunjung ke blog kita. :D sambil mengharap nie.

Kenapa kita bisa mendapatkan trafik tinggi hanya dengan meninggalkan komentar? Karena bloger, selain membaca isi postingan, juga membaca beberapa komentar pertama yang ada dalam postingan tersebut. Dan bila dia merasa tertarik dengan isi komentar atau memang sedang menginginkan untuk blogwalking, maka dia akan menuju kepada blog pemberi komentar tersebut, yaitu blog Anda! Tentu ada syaratnya kondisi tersebut dapat dipenuhi. Apa saja?

1. Selalu menjadi yang pertama dalam berkomentar. Bagaimana caranya untuk bisa berkomentar pertama di postingan yang biasanya mempunyai puluhan komentar? Berlanggananlah feed mereka, dan Anda akan selalu dikabari ketika mereka memiliki postingan terbaru. Atau, jika blog tersebut mengupdate dua sampai tiga kali sehari, pelajari kebiasaannya pada jam-jam berapa saja mereka posting, tidak ada salahnya untuk menunggu, walaupun kadang menunggu itu membosankan. :D

2. Meninggalkan komentar yang berupa pertanyaan relevan dengan isi postingan yang ada. Hal ini akan menarik beberapa pemberi komentar selanjutnya untuk mengetahui lebih jauh tentang Anda.

3. Menuliskan komentar yang singkat, mudah dimengerti dan sesuai dengan isi postingan (cuma salam juga gak papa koQ). biasanya komentator selanjutnya hanya akan secara sekilas membaca komentar sebelumnya. Mereka mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk membaca komentar yang panjang dan berbelit. Selera humor yang tinggi dan cerdas juga bisa menarik perhatian komentator untuk mengunjungi dan membaca blog Anda.

4. Komentar yang berisi link promosi, Halal sih hukumnya tapi jangan terlalu banyak karna ada kemungkinan komentar Anda malah dianggap sebagai spam. Link sebaiknya anda sertakan jika anada ingin memberikan informasi yang berhubungan [pro] atau kontra dengan isi postingan.

Nah apa kita termasuk orang-orang yang loyal dengan memberikan komentar? saya tungu komentar kalian sob, dan pastinya aku bakal mampir ke blog kalian. sapa tau bisa sharing??

Baca Selengkapnya...

Hubungan Page Rank dan Peringkat Search Engine

Diposting oleh Th3 Pirates | 10/06/2010 | | 0 komentar »

b3lajarbareng.blogspot.com,

  1. Page Rank adalah nilai yang diberikan oleh Google dengan angka dari 0 s.d 10, kepada setiap halaman situs web kita. Nilai ini menunjukkan seberapa penting nilai web kita di bandingkan dengan yang lain. Semakin besar nilai yang kita dapatkan, semakin bagus pula hasilnya terhadap pencarian di Search Engine. Salah satu faktor penentu dari penghitungan nilai Page Rank adalah jumlah link yang menuju kepada halaman website.
  2. SEO singkatan dari Search Engine Optimization. SEO bisa diartikan berbagai upaya atau cara untuk bisa memperoleh hasil pencarian tertinggi dengan menggunakan kata kunci [keyword] tertentu di search engine. Salah satu faktor penentu dalam SEO adalah nilai Page Rank dari sebuah website. 

PageRank mempengaruhi peringkat Search Engine?

Google merekomendasikan bagi setiap webmaster atau para blogger untuk melakukan pertukaran link dengan situs yang relevan dan berkualitas. Pertukaran link dapat meningkatkan PageRank dan peringkat pada halaman search engine.

Pagerank tidak hanya sebagai faktor utama yang mempengaruhi peringkat blog anda pada search engine. Peringkat pada mesin pencari dapat dipengaruhi oleh pada optimasi on-page dan juga off-page optimasi. Faktor penting lainnya adalah Judul Halaman, Judul Artikel, Isi Blog, URL Blog, serta kepadatan keyword dan lain sebagainya.

Menurut kapanpun.com, kita tidak harus menghabiskan waktu yang banyak untuk bisa mendapatkan pagerank yang tinggi. Cara terbaik yang saat ini mampu dilakukan adalah membangun konten yang istimewa. Konten bermanfaat agar lebih mudah mendapatkan back link dari situs terkait dengan blog anda sebab memiliki isi yang menarik dan informatif buat mereka.  

Intinya :
Kenaikan jumlah link dapat meningkatkan peringkat pada search engine, dan pada waktu yang sama pagerank pun ikut bertambah.

Baca Selengkapnya...

Pengertian Page Rank

Diposting oleh Th3 Pirates | 10/06/2010 | | 0 komentar »

b3lajarbareng.blogspot.com, Setelah googling - googling untuk mencari apa sich perngertian page rank? ahirnya saya sedikit mendapat gambaran tentang page rank

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.(wikipidia.org)
PageRank ditentukan oleh banyaknya atau berkualitasnya link yang menuju ke halaman tersebut. Jika linknya banyak dan berasal dari page ber-PageRank tinggi, maka kemungkinan PageRank halaman tersebut bisa naik. Sesuai dengan algoritmanya yaitu
Algoritma awal
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Algoritma lain
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Keterangan Algoritma :
  • PR(A) adalah Pagerank halaman A
  • PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
  • C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
  • d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
  • N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)
Dari algoritma diatas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat. Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”. Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.

Konsepnya adalah sebagai berikut :

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Baca Selengkapnya...